Studi Kasus Pembajakan Konten Digital

* Membajak konten digital
pelanggaran etika dalam membajak konten digital itu cukup banyak. Salah satu nya adalah ketika kita menggunakan internet. Internet tersebut banyak menyediakan konten digital seperti perangkat lunak(softwere),musik,film,dll. Untuk menggunakan atau mendownload konten tersebut biasanya kita dikenai biaya. Namun karena sudah terbiasa menggunakan perangkat gratisan, banyak orang tak mau membeli prangkat dan media digital yang berbayar. Maka dari itu banyak sekali pihak yang sengaja membajak software, musik dan film tersebut, dan juga banyak sekali orang yang memakai konten digital bajakan tersebut. menurut saya perilaku seperti itu bisa muncul karena empat sebab yaitu pertama karena sudah kebiasan menggunakan perangkat digital gratisan bisa juga bajakan , jadi malas untuk mengeluarkan uang atau irit. Kedua pengaruh dari teman, biasanya teman mempunyai perangkat digital gratisan atau bajakan mereka selalu menawari kita untuk mengunakannya, jadi otomatis kita bisa terpengaruh. Ketiga adanya keterbatasan uang atau dana, karena harga perangkat-perangkat tersebut mahal dan tidak murah. Keempat banyaknya link server penyedia media digital bajakan.caranya sangat mudah, yaitu dengan cara mencarinya di google, link-link penyedia konten bajakan bisa didapatkan.
Menurut saya perbuatan seperti membajak konten digital tersebut termasuk suatu tindakan pelanggaran batas batas etika, pembajakan dapat diartikan sebagai pencuri dunia maya karena mengambil hak atau kepunyaan orang lain tanpa
seizin penyedia dan pembuat tersebut, dan pencuri dapat dikategorikan sebagai pelanggaran etika ataupun moral.
=> Solusi : Di sini pemerintah harus langsung turun tangan dan lebih serius dalam menangani kasus ini karena banyak sekali pihak yang dirugikan, walaupun sudah ada undang-undang untuk teknologi tapi tetep saja masih banyak konten bajakan yang beredar sampai saat ini. selain itu kita juga harus mulai menghargai hak cipta orang lain dan jangan menggunakan yang bajakan lagi.

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/04/contoh-pelanggaran-etika-di-bidang-tekhnologi/
http://lisagirgis.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar